Cara Mengekstrak Data Pada Read JMS Message Properties

Kali ini saya ingin membahas bagaimana menerapkan JMS atau singkatan dari Java Message Service) pada Axway. Sebelumnya mari kita sepakati dulu pengertian dari JMS. Menurut Wikipedia, JMS adalah antarmuka pemrograman aplikasi Java untuk middleware berorientasi pesan yang dapat digunakan untuk pengiriman dan penerimaan pesan antara sistem perangkat lunak. Berangkat dari pengertian ini maka untuk menerapkan JMS butuh publisher dan subscriber. Sama halnya dengan JMS di Axway, harus mempunyai publisher dan subscriber.
Untuk mengimplementasikan pada Axway silahkan merefer ke link di bawah ini.

Asumsikan bahwa publisher dan subscriber sudah diimplementasikan. Listener sudah diimplementasikan juga. Bagaimana caranya supaya data diekstrak ? Data atau informasi terkait info queue dan message disimpan pada attribute jms.message. Attribute ini dapat berisi properties tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan message. Untuk mengekstrak attribute ini diperlukan Scripting Language (salah satu fitur yang berfungsi untuk membuat simple code dengan javascript, groovy). Scripting language ini diimplementasikan dalam satu policy yang akan diexecute oleh JMS Session. Contoh script sederhana dapat seperti di bawah ini.

       

            function invoke(msg) {
                var jmsMsg = msg.get("jms.message");
                var msgId=jmsMsg.getStringProperty("messageId");
                var msgOwner= jmsMsg.getStringProperty("messageOwner");
                
                //put new variable
                msg.put("msg.Id",msgId);
                msg.put("msg.Owner",msgOwner);
                return true;
             }

       
 
Dari script ini, default attribute JMS message adalah jms.message dimana attribute ini memiliki dua properties bernama messageId dan messageOwner. Pada script tersebut yang kebetulan yang diekstrak  hanya kedua properties ini saja namun dapat saja mengekstrak data lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa nama property atau attribute pada send JMS Policy harus sama dengan Read JMS Policy sehingga ekstrak menjadi valid.

Reference:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Cara Menginstal dan Menjalankan Apache Kafka pada Windows 10

Cara Membuat Membuat Topic pada Kafka

Pertanyaan Interview Seputar Webmethods Developer